3 Taktik Penetapan Sasaran Pasar Untuk Marketing Produk
Salah satu potongan penting seni administrasi pemasaran bisnis yakni menentukan sasaran pasar. Dengan adanya sasaran pasar yang jelas, akan mempermudah perusahaan untuk menentukan produk yang sesuai kebutuhan dan harapan konsumen. Atau dengan kata lain, dapat juga diartikan bahwa sasaran pasar merupakan pasar yang mempunyai konsumen dengan daya beli yang cukup potensial. Dalam menentukan sasaran pasar nya masing-masing perusahaan mempunyai seni administrasi yang berbeda, hal ini berkaitan dengan ranah jangkauan pasar yang ingin disentuhnya. Ada perusahaan yang ingin menjangkau konsumen dari semua kalangan, namun ada pula perusahaan yang sengaja memisahkan konsumen sesuai dengan sasaran pasar produknya. .
Dalam dunia marketing pada umumnya, setidaknya terdapat tiga seni administrasi penetapan sasaran pasar yang sering dilakukan para pelaku bisnis, seni administrasi tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Strategi pemasaran tanpa pembeda ( undifferentiated marketing )
Strategi pemasaran undifferentiated marketing ini, hanya menunjukkan satu macam produk dan meliputi seluruh pasar. perusahaan bertujuan untuk menanamkan image berpengaruh produknya kepada para konsumen, tanpa membedakan sasaran pasar. Umumnya, perusahaan melihat pangsa pasar secara keseluruhan tanpa membedakan sasaran pasar tertentu.
Undifferentiated marketing (pemasaran tanpa pembeda) dipilih para pelaku bisnis dengan pertimbangan biaya penerapan seni administrasi undifferentiated marketing lebih kecil dibandingkan pemasaran dengan differentiated marketing (membedakan sasaran pasar). Startegi Pemasaran tanpa membedakan sasaran pasar lebih mengandalkan produksi, distribusi dan seni administrasi promosi secara massal, sehingga sanggup menghemat biaya.
Namun, seni administrasi pemasaran undifferentiated marketing (pemasaran tanpa pembeda) tersebut juga mempunyai kekurangan. Karena lebih banyak didominasi pelaku bisnis yang tidak membedakan konsumen, maka para pelaku bisnis akan menentukan sasaran pasar yang paling luas untuk menunjukkan produknya. Tentunya, jikalau banyak pelaku bisnis yang menentukan cara marketing tersebut, maka persaingan bisnis pun semakin ketat.
2. Strategi pemasaran dengan pembeda ( differentiated marketing )
Adalah seni administrasi marketing dengan membedakan sasaran pasar sesuai kebutuhan konsumen. Berbagai variasi kebutuhan yang diharapkan para konsumen, menjadi faktor pendorong pelaku bisnis membedakan sasaran pasar mereka. Jika pemasaran tanpa pembeda hanya memproduksi satu macam produk, pemasaran dengan pembeda memproduksi banyak sekali macam produk yang diubahsuaikan dengan kebutuhan dan minat para konsumen.
Pembedaan produk sanggup dikategorisasikan menurut letak geografis konsumen, style atau gaya hidup, umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, bahkan sanggup juga dibedakan menurut tingkat pendidikan para konsumen. Upaya pembedaan sasaran pasar ini bertujuan biar loyalitas konsumen terhadap suatu produk lebih kuat, alasannya yakni perusahaan menunjukkan produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Salah satu teladan startegi differentiated marketing adalah dari produk mie instan, mereka membuatkan usahanya dengan membedakan varian rasa produk menurut selera para konsumen.
Jika dibandingkan dengan pemasaran tanpa pembeda, seni administrasi pemasaran dengan pembeda membutuhkan biaya yang lebih besar. Karena diharapkan biaya untuk riset produk baru, proses produksinya yang lebih besar, serta peningkatan biaya untuk riset pasar. Meskipun demikian, pemasaran dengan pembeda lebih disenangi para pelaku usaha. Sebab dengan differentiated marketing, produk mereka mempunyai daya tarik yang lebih berpengaruh dibandingkan produk yang dipasarkan para pesaing.
3. Strategi pemasaran terkonsentrasi ( concentrated marketing )
Adalah model marketing terkonsentrasi yang hanya fokus memasarkan produknya kepada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Sehingga pemasaran produk hanya ditujukan kepada kelompok pembeli yang paling berpotensi. Contohnya yakni produk Tropicana Slim, gula rendah kalori dan bebas gula ini lebih fokus kepada para konsumen yang ingin menjaga kesehatannya terutama bagi para penderita diabetes.
Dengan fokus pada kelompok tertentu, perusahaan yang memakai seni administrasi pemasaran model ini berusaha menunjukkan produk yang terbaik bagi sasaran pasar mereka. Sehingga spesifikasi image produk yang ditawarkan sanggup tertanam pada konsumen yang menjadi sasaran pasarnya. Selain itu pemasaran terkonsentrasi juga lebih menghemat biaya, baik biaya produksi, biaya distribusi maupun biaya promosi. Sebab semuanya hanya fokus pada satu atau dua kelompok konsumen saja.
Namun begitu, pemasaran konsentrasi mempunyai kelemahan, bahkan resikonya lebih besar dari differentiated marketing maupun undifferentiated marketing. Bila sasaran pasar yang menjadi fokus pemasaran datang – datang beralih ke perusahaan pesaing dengan fokus yang sama, maka Anda akan kehilangan satu – satunya ladang konsumen yang Anda miliki. Besarnya resiko yang ada, menciptakan pemilik perusahaan lebih menentukan memasarkan produknya ke beberapa sasaran pasar.
Itulah citra singkat ihwal seni administrasi sasaran pasar. Bagi Anda yang ingin mencoba peluang perjuangan baru, sebaiknya tentukan terlebih dahulu sasaran pasar yang ingin Anda jangkau. Semakin terang sasaran pasar Anda, semakin gampang pula Anda menentukan seni administrasi pengembangan perjuangan tersebut.
Posting Komentar untuk "3 Taktik Penetapan Sasaran Pasar Untuk Marketing Produk"